DEFINISI
PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENURUT PARA
AHLI
Pendekatan
pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau
sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan
tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya
mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan
cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat
dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau
berpusat pada siswa (student centered
approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau
berpusat pada guru (teacher centered
approach).
Teori Metode Pembelajaran
1.
Menurut Depdikbud (1990: 180) pendekatan dapat diartikan, “sebagai proses,
perbuatan, atau cara untuk mendekati sesuatu”.
2.
Menurut pendapat Wahjoedi (1999 121)
bahwa, “pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan
perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat
memperoleh hasil belajar secara optimal”.
3.
Menurut Syaifuddin Sagala (2005:
68) bahwa, “Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditcmpuh oleh
guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan
instruksional tertentu”.
4.
Menurut Sanjaya, (2008:127) pendekatan pembelajaran
yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri
serta strategi pembelajaran induktif
5.
Menurut Suherman (1993:220) mengemukakan pendekatan dalam pembelajaran adalah
suatu jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam
pencapaian tujuan pembelajaran dilihat dari sudut bagaimana proses pembelajaran
atau materi pembelajaran itu, umum atau khusus.
6.
Menurut Soedjadi (1991:102), membedakan pendekatan pembelajaran matematika
menjadi dua, sebagai berikut.
1) Pendekatan materi (material approach), yaitu
proses penjelasan topik matematika tertentu menggunakan materi matematika lain.
2) Pendekatan pembelajaran (teaching approach),
yaitu proses penyampaian atau penyajian topik matematika tertentu agar
mempermudah siswa memahaminya
Berdasarkan
pengertian pendekatan dan pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa,
pendekatan pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan
pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam
mencapai tujuan yang telah ditetapkan
admin saya izin copy paste ... maksih :)
BalasHapusGeh
BalasHapus